Senin, 13 Juni 2011

Pulau Alien

WAH WAH.. ternyata bukan hanya makhluk luar angkasa saja yang dijuluki “alien”. Di bumi ini terdapat sebuah pulau yang mendapat julukan “Pulau Alien” lho..
Bahkan pulau ini dinobatkan sebagai “Kekayaan dunia” oleh UNESCO pada Juli 2008. Pulau unik ini bernama pulau Socotra. Letaknya tidak jauh dari tanduk benua Afrika dan masih termasuk dalam wilayah teritori Republik Yemen.
Kenapa ya pulau ini dijuluki pulau alien??? Ternyata yang unik dari pulau ini adalah sepertiga tanaman yang tumbuh di pulau ini tidak di temukan di belahan bumi manapun. Pulau ini juga memiliki hewan-hewan yang indah.1.      POHON DARAH NAGA     

ü  Kingdom : plantae
ü  Ordo : asparagales
ü  Family : ruscaceae
ü  Genus : dracaena
ü  Spesies : D.cinnabari
ü  Nama ilmah : dracaena cinnabari
Pohon yang menyerupai bentuk payung ini mendapat sebutan pohon darah naga karena pohon ini memiliki getah yang berwarna merah. Getah merah ini ternyata dapat berguna untuk pengobatan dan juga digunakan sebagai pewarna merah alami. Pohon ini pertama kali ditemukan oleh Issac Bayley Balfour pada tahun 1882.
2.      SOCOTRA STALING        

ü  Kingdom : animalia
ü  Filum : chordate
ü  Kelas : aves
ü  Ordo : Passeriformes
ü  Family : sturnidae
ü  Genus : onychognathus
ü  Spesies : O. Frater
ü  Nama ilmiah : onychognathus frater
3.      SOCOTRA SUNBIRD        

ü  Kingdom : animalia
ü  Filum : chordate
ü  Kelas : aves
ü  Ordo : Passeriformes
ü  Family : nectariniidae
ü  Genus : nectarinia
ü  Spesies : N. balfouri
ü  Nama ilmiah : nectarinia balfouri
Kedua burung ini biasanya tinggal di tempat yang beriklim subtropis atau tropis. Mereka senang tinggal di dekat tanaman yang tak berbatang dan berada di tempat lembab atau pada dataran tinggi. Namun sayang nya mereka kini terancam punah.

4.      DELIMA SOCOTRA       

ü  Kingdom : plantae
ü  Divisi : magnoliophyta
ü  Kelas : magnoliopsida
ü  Ordo : myrtales
ü  Family : lythracaea
ü  Genus : punica
ü  Spesies : P. Protopunica
ü  Nama ilmiah : punica protopunica


Pohon ini hanya tumbuh di Pulau Socotra. Tanaman ini di duga merupakan nenek moyang dari pohon delima saat ini ada, namun ditemukan beberapa perbedaan dari pohon delima lainnya. Delima Socotra memiliki bunga yang berwarna merah, tidak seperti pohon delima biasa yang berwarna merah jambu. Ukuran bunga pohon ini pun lebih kecil dari pohon delima biasanya.
5.      POHON TIMUN RAKSASA       

ü  Kingdom : plantae
ü  Ordo : cucurbitales
ü  Family : cucurbitaceae
ü  Genus : dendrosicyos
ü  Spesies : D. Socotranus
ü  Nama ilmiah : dendrosicyos socotranus
Pohon ini bukanlah pohon yang menghasilkan timun, melainkan sebuah pohon yang secara fisik menyerupai timun raksasa dengan sedikit cabang di pucuknya dan memiliki bunga-bunga kecil. Pohon ini hanya tumbuh di Pulau Socotra dan pertama kali di temukan oleh Issac Bayley Balfour pada tahun 1882.
Nah sekarang teman-teman sudah tahu kan, bukan hanya makhluk luar angkasa saja yang di sebut “alien” , padahal ada sebuh pulau yang memiliki kekayaan dunia yang harus di lindungi. Jadi sekarang kita dapat pengetahuan baru lagi untuk menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar